4 Perusahaan Menang Tender Internet Rp 370 Miliar


Kementerian Komunikasi dan Informatika akhirnya mengumumkan empat nama perusahaan yang telah memenangkan tender penyediaan akses jaringan internet untuk 5.748 desa di 4.700 kecamatan di Indonesia.

Keempat perusahaan yang terpilih untuk menggarap 11 zona wilayah dengan total pagu anggaran tahun pertama Rp 370,5 miliar itu adalah Telkom, Jastrindo Dinamika, Sarana Insan Muda Selaras, serta Aplikanusa Lintasarta.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian, Gatot S Dewa Broto memastikan, seluruh rangkaian proses tender telah berlangsung obyektif, transparan, akuntabel, dan dapat dipertanggung-jawabkan secara teknis, administratif, serta aspek legal.

“Kami sama sekali tidak mengakomodasi kepentingan pihak tertentu. Jika ada yang keberatan, keputusan ini masih bisa disanggah selama tujuh hari mulai 15 hingga 22 Maret 2010,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/3/2010).

Dari 11 zona paket wilayah tersebut, Telkom akan mengerjakan paket 1 (Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara), paket 10 (Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah) dan paket 11 (Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara).

Sedangkan Aplikanusa Lintasarta, anak perusahaan Indosat, akan mengerjakan paket 7 (Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur), paket 8 (Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur), dan paket 9 (Maluku, Maluku Utara, Irian Jaya Barat dan Papua).

Sementara Jastrindo Dinamika memenangkan paket 2 (Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Riau), paket 3 (Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung dan Kepulauan Riau) dan paket 6 (Jawa Timur).

Sisanya, paket 4 (Jawa Barat dan Banten) dan paket 5 (Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta) akan digarap oleh Sarana Insan Muda Selaras.

Tender ‘Desa Pinter’ (desa pakai internet) ini semula diminati oleh 25 penyelenggara akses internet. Namun, hanya 19 perusahaan yang lolos prakualifikasi tender.

Peserta kemudian berangsur-angsur tereliminasi hingga menyisakan sembilan dalam pembukaan sampul pertama, dan enam untuk sampul kedua. Dari situ akhirnya terpilih empat perusahaan yang jadi pemenang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: