Gamato.info, Situs Pembajakan Populer Ditutup


 VIVAnews – Kepolisian Yunani menutup situs Gamato.info yang memfasilitasi pelanggaran hak cipta musik, film, buku, dan game dalam skala besar. Penutupan tersebut menyusul penyerbuan di Athena, Salonika, Larissa, dan Aridaia untuk menangkap enam orang yang terlibat dalam administrasi situs tersebut.

Gamato.info, tracker BitTorrent yang menyediakan layanan download musik, program, video, dan sebagainya, diperkirakan oleh alexa.com sebagai situs ke-13 paling banyak dikunjungi di Yunani sebelum situs itu dicekal. Menurut statbrain.com, 155 ribu pengguna internet mengunjungi situs tersebut per hari.

Situs tersebut sebelumnya sudah ditutup pada Januari lalu menyusul penangkapan administrator greek-fun.com, situs pelanggar hak cipta lainnya, tetapi dibuka kembali beberapa pekan kemudian. Bukti-bukti yang diserahkan pada kepolisian menunjukkan bahwa situs itu menyediakan link ke lebih dari 35 ribu album dan koleksi musik bajakan, 13 ribu film, 6.500 game, dan 6.500 buku.

“Gamato.info memfasilitasi distribusi musik, film, game, dan buku secara ilegal,” kata Jeremy Banks, Direktur lembaga anti-pembajakan IFPI, seperti VIVAnews kutip dari Ifpi.org, 12 Maret 2010. “Ini merupakan ilustrasi sempurna mengenai bagaimana operasi ilegal semacam itu menghancurkan industri kreatif di Eropa,” ucapnya.

Kepolisian, kata Banks, mengetahui bahwa tindakan ini bukan kejahatan yang tidak menimbulkan korban, sehingga mengambil tindakan untuk menangkap mereka yang tanpa malu merebut keuntungan dari karya kreatif orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: