Segera Hadir, Televisi Sony 3 Dimensi


TEMPO Interaktif, Jakarta – Para penikmat tayangan 3 dimensi (3D) bakal tak perlu lagi pergi ke bioskop. Pasalnya, Sony akan segera merilis model televisi 3D-nya untuk pasar Indonesia. Tayangan 3D yang sebelumnya cuma bisa disaksikan di layar bioskop 3 dimensi, nantinya bisa dinikmati di rumah, kapanpun diinginkan.

PT Sony Indonesia, Kamis (11/3), sempat memamerkan salah satu model televisi 3D yang akan dipasarkan di Indonesia itu. Bersamaan dengan acara peluncuran 3 seri televisi Bravia terbarunya di Grand Ballroom, Hotel Indonesia Kempisnky, televisi Bravia 3D itu juga didemokan dihadapan sejumlah jurnalis yang hadir.

Product Marketing LCD TV Sony Indonesia, Maya Roihan mengatakan konten-konten 3D bakal menjadi santapan sehari-hari pengguna multimedia di masa depan. Karena itu Sony akan mulai memasarkan perangkat 3D-nya di Indonesia. “Meskipun penyedia konten 3D di Indonesia masih terbatas,” ujarnya.

Namun Maya belum bisa mengungkap berapa varian harga maupun ukuran layar televisi 3D yang akan segera dipasarkan di Indonesia itu. “Kalau layarnya, kemungkinan yang akan dipasarkan adalah ukuran besar,” kata dia.

Televisi 3D yang dipamerkan saat itu juga berukuran besar, yakni 52 inci. Televisi tersebut sudah dilengkapi transmitter (pemancar) 3D built-in, plus kaca 3 dimensi untuk layarnya.

Dari segi desain, televisi 3D Sony itu memang tak begitu berbeda dengan televisi LCD Bravia lainnya, yakni dengan bentuk ramping dan terkesan minimalis. Namun perbedaan nampak saat gambar ditampilkan. Gambar yang muncul sudah berformat 3 dimensi, berbeda dengan televisi biasa yang berformat 2 dimensi.

Tetapi seperti halnya di bioskop, untuk menonton tayangan 3 dimensi di televisi ini, pengguna juga harus menggunakan kacamata 3 dimensi agar tampilan 3D bisa dinikmati secara maksimal. Sony menyediakan dua buah kacamata 3D dalam paket televisi 3D yang akan dijual nantinya. Jika membutuhkan lebih dari dua kacamata, pengguna bisa membeli lagi sebagai tambahan.

Tempo sempat menjajal nonton di layar televisi 3D ini dengan kacamata 3 dimensi-nya. Dengan format 3 dimensi, cuplikan film yang ditayangkan memang tampak lebih hidup. Saat muncul adegan gerakan, benda yang bergerak itu seakan melesat keluar dari layar, seperti halnya kita menonton di bioskop.

Kazuo Sawachi, General Manager Marketing Division Head PT Sony Indonesia mengatakan, selain televisi, Sony juga akan memproduksi berbagai perangkat 3D lain, seperti pemutar video Blu-ray atau laptop. Pihaknya juga tengah menyiapkan konten-konten 3 dimensi, baik itu game dari PlayStation 3, maupun film-film 3D dari Sony Pictures.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: